Khawla Garden 30

Monday, February 01, 2010

Sup Krim Jamur



Sore yang cerah menghampiri bumi Cibubur...anak2 bebas bermain tanpa diliputi takut hujan akan turun. Senang ngliatin bidadariku main kejar-kejaran dengan teman-temannya...lari..lari.. dan terus berlari sampai playground. Langkahnya terhenti ketika matanya menatap sesuatu yang agak asing baginya...wow... ternyata yang dilihatnya adalah sekelompok jamur...langsung deh nyeletuk "jamur di bikin sup enak lho.." haha...
Sup ini request dari bidadari cantik, resepnya kuambil dari Nova...

Bahan:
4 bh jagung muda, sisir
150 gr jamur shimeji (jamur putih)
1 sdt garam1 sdt lada
2 sdt tepung maizena
½ sdt minyak wijen
100 ml putih telur
3 sdm susu segar

Kaldu ayam:
1 ekor ayam kampung
3 btg daun bawang
½ cm jahe

Pelengkap:
2 btg daun bawang

Cara membuat:
1. Taruh ayam, daun bawang, dan jahe ke dalam panci, tambahkan air sampai ayam terendam. Rebus dengan api besar sampai air mendidih, buang kotoran yang terapung. Kecilkan api, masak lagi sampai ayam empuk. Saring, ambil ayamnya, potong dadu.
2. Didihkan lagi kaldunya, tambahkan lada, garam, potongan ayam dadu, jagung, dan jamur. Masak sampai mendidih.
3. Masukkan tepung maizena yang sudah dicairkan dengan sedikit air, tambahkan minyak wijen, aduk rata. Masak sampai sup mengental.
4. Kocok putih telur dan susu cair, aduk rata. Tuang ke dalam rebusan sup sambil diaduk perlahan hingga berserabut. Angkat, sajikan hangat.

• Jamur shimeji adalah jamur putih berpayung dengan tangkai yang panjang. Jamur ini ada yang berwarna putih, coklat, kuning, dan merah muda. Namun, di pasaran lebih banyak dijumpai yang berwarna putih. Jamur ini berkhasiat membersihkan lemak dan radikal bebas pada saluran pencernaan.

1 Comments:

At 11:04 PM, Blogger Diah Sintawati said...


Jamurnya diganti dengan jamur atau bahan yang lainnya ,boleh gak ?
Salam kenal . . .

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home