Khawla Garden 30

Friday, June 15, 2007

Pempek (katanya) dari Palembang




Pertama kali blajar bikin pempek di Cilegon. Berguru ama tetangga yang asli Palembang. Masaknya rame-rame, bareng tetengga yang lain. Namanya juga "ibu" kemana-mana bawa anak. Seru banget! seru karna banyak bocah pada berebut mainan, kalau ngak..ya..ngloyor main di jalan. Wah..! jadi ngak konsen. Ya udah berbagi tugas, gantian ngasuh anak dan diriku termasuk yang sayang anak "banget". Jagoanku pengen main ditungguin. Sudah bisa ditebak.. blajar ngak sampe kelar...tapi pempeknya tetep enak koq. Dan resep ini hasil rekayasa sendiri. Resep yang beliau berikan lupa euy...

Biang:
1 sdm tepung terigu
1/4 gls air

Bahan:
350 gr ikan tengiri (dagingnya aja dihaluskan)
200 gr tepung tapioka
4 siung bawang putih, haluskan
200 ml air
1 sdt tepung terigu
2 butir telur untuk isi, kocok lepas
1 sdt garam
1/2 sdt gula

Cuko:
4 siung bawang putih
3 buah cabe merah besar
75 gr ebi
1 sdm cuka
1 l air
asam jawa
gula merah
garam

Pelengkap:
timun
mie


Cara membuat:
1. Biang: didihkan sedikit air, kurleb 1/4 gelas. Tambahkan tepung terigu, aduk rata sampai mengumpal. Matikan apinya dan biarkan dingin.
2. Campur ikan bersama bawang putih, garam,gula, gumpalan tepung terigu dan air, aduk sampai rata, tambahkan tepung tapioka aduk rata.
3. Lumuri tangan dengan tepung tapioka. Ambil segenggam adonan, bentuk seperti kantong, isi dengan 4 sdm telur, tutup rapat. Rebus dalam air mendidih yang diberi 1 sdm minyak goreng. Biarkan sampai mengapung, angkat.
4. Goreng sampai kekuningan. Sajikan bersama cuko dan pelengkapnya.

Cara membuat cuko:
1. Didihkan air.
2. Haluskan bawang putih, cabe merah dan ebi. Masukkan ke dalam air yang mendidih. Tambahkan gula merah, garam, asam dan cuka, koreksi rasanya.

2 Comments:

At 8:24 AM, Anonymous Anonymous said...

Mpek-mpek gampang2 susah ya bikinnya kudu telaten ngulet2 adonannya biar kalis...itu yg kadang jd males bikinnya hehe...( alasan aja)..
kalo ga ada tengiri bisa diganti apa ya...???

 
At 11:16 AM, Blogger Diny said...

Barusan nyoba bikin tapi ikannya pake baracuda (ikan cucut??), enak juga lho ternyata...

 

Post a Comment

<< Home