Khawla Garden 30

Thursday, May 10, 2007

Biryani Rice


Ketika masa-masa awal hidup di tanah arab ini, jangan harap bisa cari makanan khas Indonesia (rujak cingur, nasi padang, nasi uduk, gudeg jogja, sate dll). Seiring waktu yang berjalan...halah...akhirnya banyak juga orang-orang Indonesia yang berdatangan dan ada beberapa diantaranya 'berkreasi' untuk memiliki Passive Income ala Robert T. Kiyosaki hehe...he... Buka restoran masakan Indonesia di sana sini.

Tapi bukannya malah sering-sering ke resto itu, cita rasa keluarga kami makin "tergerus" oleh masakan-masakan setempat. Dimulai dari ayahnya anak-anak yang mulai suka nasi Bukhari yang asli arab dengan sate kabab yang heboh itu, lama-lama semua anggota keluarga juga udah bisa "mengenali" macem-macem masakan setempat. Termasuk diantaranya adalah Nasi Biryani yang konon asli India. Begitu denger masakan India, sebenernya kami juga agak sungkan untuk mencicipi masakan yang satu ini, karena masakannya terkenal dengan banyaknya bumbu-bumbu "gak jelas" dan berbau aneh. Tapi ya itu tadi, makin lama kami makin terbiasa makan nasi itu.

Nah, kali ini saya akan coba bikin nasi Biryani tentunya disesuaikan dengan "lidah asli" Indonesia...

Bahan:
3 cup beras basmati
1/5 sdt cardamom powder
1/5 sdt cinnamon powder
4 1/2 cup air
garam
minyak
1 sdt saffron (larutkan dengan sedikit air)

Pelengkap:
1/2 ekor ayam
1/4 sdt saffron
1/4 sdt cardamom
1/4 sdt cinnamon
5 lembar bay leaves
1/2 sdt garam masala
1/5 sdt cloves powder
20 gr onions sliced
10 gr garlics sliced
garam
cashew nuts siap pakai
raisin

Cara membuat:
1. Cuci beras sampai bersih. Panaskan minyak dalam casserole, masukkan beras, aduk rata. Tambahkan air, garam, cinnamon, cardamom. Biarkan sampai airnya kering (matang tapi belom tanak). Perciki dengan larutan saffron, masak lagi dengan menggunakan api kecil selama 30 menit (matang).
2. Tumis semua bumbu ( kecuali ayam dan cashew nuts) sampai wangi. Masukkan ayam, masak diatas api kecil sampai bumbu meresap. Kalau sudah matang, bakar.
3. Penyelesaian: Letakkan nasi dalam piring, tambahkan ayam ditengahnya, kemudian taburi dengan cashew nuts atau raisin.

3 Comments:

At 11:07 AM, Blogger putri said...

aduhh... lekker nih..., jadi pengin :D

 
At 4:26 PM, Anonymous Anonymous said...

Mba..enaknya liat masakannya itu kaya nasi goreng ya...apa namanya nasi Biryani...kayanya liat resepnya boleh neh coba-coba ya mba...asal ngga susah nyari bumbunya...hehe....

 
At 9:57 PM, Anonymous Anonymous said...

kebetulan habis beli beras basmati...boleh nyontek resepnya ya mbak ? kelihatannya enak banget tuh, jadi ngiler berat nih

Anisa-Safa

 

Post a Comment

<< Home