Khawla Garden 30

Monday, February 05, 2007

Buah Impor Vs Tropis


Beginilah nasib hidup jauh dari tanah air...hiks... Emang kata orang bijak, manusia itu susah banget kalo disuruh berubah. Yang dulunya udah enak-enak tiap pagi sarapan bubur sama bajigur, eh...sekarang boro-boro bisa manggil si abang tukang bubur... manggil orang buat benerin kran air yang macet di rumah aja susahnya minta ampun. Ada hubungannya gak seh?

Kembali lagi ke makanan, lidah yang udah biasa masakan Indo bakal susah menerima 'rasa aneh' masakan negara asing kayak di Timur Tengah ini. Ini juga yang bikin geger calon jemaah haji taon kemaren yang nunggu catering gak dateng-dateng. Coba kalo udah biasa makan nasi biryani ato nasi bukhari, pasti gak bakal keleleran deh. Mereka lebih pilih Mie Instan daripada makan nasi, padahal kalori yang banyak amat dibutuhkan para jemaah yang menunaikan 'tugas berat' itu.

Kalo mo bandingin harga makanan (termasuk buah-buahan) di Indonesia dan di Qatar ini, gak terlalu jauh beda untuk buah-buahan IMPOR kayak Anggur Merah, Apel Washington, Pear, Aprikot dll. Anggur merah misalnya, di sini harganya bervariasi antara Rp 30.000 - 40.000,- per kilonya. Gak beda kan sama yang dijual di Carrefour ato Matahari or Ramayana.
Tapi jangan tanya harga buah tropis. Harganya gak masuk akal! Mosok rambutan satu paket (isinya paling 13-15 biji) harganya yang paling murah Rp 27.500. Itu kalo lagi musim rambutan di Thailand (diimpor dari sono). Kalo lagi paceklik, harganya bisa nyampe Rp 45.000,-. Harga segitu mungkin udah bisa borong 1/2 brongsongan (keranjang di sepeda itu loh) penjual rambutan. Tapi gimana lagi, perut dan lidah ini gak bisa diajak rapat (meeting) lagi buat membahas harga yang irrasional itu.

2 Comments:

At 5:09 AM, Blogger liza said...

apa kabar mama dilla?...
hihi masih sempet aja bu bandingin harga... aku sekarang harus sering2 tutup mata mba, dari pada ntar baby ku ngecezzz xixixi...

 
At 4:11 PM, Blogger Mama Dilla said...

Alhamdulillah Jeng baik,
Iya nih, malah jadi kayak RRI di jamannya Pak Harmoko dulu..."Cabe keriting 3000 rupiah per kilogram, kol gepeng (abis dilindes) gratiss..tiss...heuheu...

 

Post a Comment

<< Home