Khawla Garden 30

Thursday, January 25, 2007

Balada Beef Balado




Rasa penasaran selalu dijadiin kambing hitam...hehe..he.. untuk nyobain ini itu. Udah lama sebenernya saya mau bikin daging disambel (balado). Yang namanya makan, waduh... keluarga Khawla Garden ternyata bukan penggemar makan. Anak-anak (Fadli, Dilla dan Sadya) susah sekali karo disuruh makan, meski udah waktunya makan. Jawabnya pasti macem-macem; Dilla pernah bilang begini, "Perutnya udah sakit (penuh - maksudnya)". Pernah juga Sadya bilang begini, "Kan Sadya udah gemuk!", karena setiap nyuapin Sadya kadang saya sering bilang harus makan yang banyak supaya bisa gemuk. Ada-ada aja.

Saya dan suami juga gak begitu doyan makan. Kecuali ada makanan yang bener-bener bisa membuat perut ini keroncongan terus. Apa itu? Masakan Padang!! Setiap kali pulang mudik ke Indonesia, kami gak pernah lupa makanan favorit untuk bisa menyantap makanan di restoran padang yang enak. Sampe sekarang di Jogja, saya belom pernah nemu restoran Padang yang bener-bener Nyesss!! Di Jalan Margonda Depok pernah nyobain dan rasanya Jos Tenan!

Nah, karena tinggal di negara yang gak selalu tersedia bahan baku untuk bikin masakan padang, maka yang paling gampang dicari itulah yang yang dibikin. Beef Balado (BB) salah satunya...


Bahan:
500 gr daging sapi, potong tipis

Bumbu:
10 siung bawang merah, haluskan
4 siung bawang putih, haluskan
1 sdt ketumbar, haluskan
salam
lengkuas
daun jeruk
sereh
jahe
asam
garam
Minyak goreng

Untuk balado:
10 siung bawang merah, gerus kasar
5 cabe merah besar, gerus kasar
garam

Cara membuat:
1. Rebus daging bersama bumbu (kecuali minyak) sampai empuk.
2. Keprek kemudian goreng sebentar. Sisihkan.
3. Untuk balado, tumis bawang merah dan cabe merah besar sampai layu. Masukkan daging yang sudah digoreng. Aduk rata. Sajikan bersama nasi putih hangat.

2 Comments:

At 1:57 AM, Blogger Shinta Octaviani said...

Emang benar jeng. Selama di Jepun sini masakan padang yang bahan dan bumbunya gampang didapat ya... Daging Balado itu. Terus masaknya ga terlalu lama kaya rendang. Soale kita di sini kan, apa-apa dikerjain sendiri. So, butuh yang cepat saji dan tentunya juga enak.

 
At 8:37 AM, Blogger putri said...

Wahh.. jd pengin coba nih. Kayaknya gampang ya... kayaknya..hihi..
Hobby kita sama nih tiap pulang ke Indo selalu cari masakan padang. Padahal saya jg bukan orang padang hehehe..

 

Post a Comment

<< Home