Khawla Garden 30

Tuesday, September 09, 2008

Kecerdasan Anak

Waduh...
Udah lama gak apdet blog ini, kelamaan nyantai ni... Semenjak kepulangan kami sekeluarga ke tanah air tercinta, banyak urusan yang harus diurus. Mulai dari pendaftaran sekolah anak, ngurus pindah rumah, daftar sekolah lagi (bahkan sekolahnya si Fadli - anak paling gede - bisa 3 kali gonta ganti).

Sekarang kami sekeluarga dah menempati rumah di Kota Wisata, dan anak-anak semua sekolah di Fajar Hidayah Kota Wisata. Sekolah yang lumayan bagus lah karena mendidik anak sesuai dengan talenta yang dimilikinya. Mereka tidak mengenal rangking 1 dan seterusnya bagi anak yang pintar dan kurang pintar, karena kecerdasan anak-anak tidak melulu berdasarkan kemampuan akademiknya saja. Sebelum tahun ajaran baru kemaren, semua orangtua diundang ke sekolah untuk presentasi sekolah. Mereka mengenalkan 8 jenis kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yaitu (kalo gak lupa yah):
1. Kecerdasan Numerik (berhitung matematis)
2. Kecerdasan Bahasa
3. Kecerdasan Intrapersonal
4. Kecerdasan Interpersonal
5. Kecerdasan Musikal
6. Kecerdasan Kinestetis
7. Kecerdasan Visual
8. Kecerdasan Natural

Nah, masing-masing anak kan gak bisa disamain bahwa kalo raport-nya bagus maka dia dianggap lebih pinter segalanya dibanding anak-anak lainnya. Makanya bapaknya anak-anak juga sreg sama sekolah yang satu ini. Jadi gak melulu dicekoki hapalan-hapalan, rumus-rumus yang njelimet yang toh nantinya gak terlalu berguna juga. Lho!? Lha iya lah (masak lha iya deh!)... Lha kalo kita udah selesai sekolah tujuannya buat cari kerja toh!? Nah, apakah kalo kita kerja kita gak boleh liat buku buat nyari rumus Phytagoras misalnya? Lagian jaman udah makin maju, semua bisa dicari di internet, tinggal googling.... pasti banyak dapetnya. Gak perlu harus hapal dalil-dalil atau rumus-rumus yang cuma membebani kerja otak di masa-masa kritikal. Justru seharusnya sewaktu masih sekolah, anak-anak harus diajarkan berpikir logis. Kenapa kok rumus itu bisa dibuat kayak gitu. Sayangnya gak semua guru yang ada bisa mengarah ke situ. Apakah karena profesi guru yang kurang "dihargai" oleh pemerintah dengan rendahnya gaji mereka, sehingga kompetisi di lapangan kerja ini kurang begitu ketat. Wallah a'lam.


Oiya, kemaren semarak tujuhbelasan gimana, Jengs? Berhubung saya dan anak-anak masih nubie di Kowis, ya terpaksa belom bisa ikutan rame-rame. Dan kebetulan ayahnya anak-anak juga lagi ON DUTY di laut. Dan katanya semarak Pitulasan di tempat kerjanya gak kalah meriah sama ulangtahunnya RCTI. Wayah!? Ini oleh-olehnya...




Ok Jeng,
Nanti saya akan apdet lagi dengan artikel-artikel lainnya. Tapi omong-omong, harga blog ini sekarang udah sampe $5,645.40. Siapa yang mau beli?! Hehe...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home